Keputihan





 

PengenalanItu normal dan sehat untuk menghasilkan debit yang jelas atau putih dari vagina Anda.Lendir ini diproduksi secara alami dari leher rahim, yang dikenal sebagai leher rahim.Jumlah keputihan bervariasi sepanjang siklus menstruasi Anda (debit coklat biasanya akhir periode Anda) dan sebagian besar wanita hamil akan mendapatkan "kehamilan debit".Debit yang sehat tidak memiliki bau yang kuat atau warna. Anda mungkin merasakan basah tidak nyaman, tetapi Anda tidak harus memiliki gatal atau nyeri di sekitar vagina.Bagaimana saya tahu jika debit saya tidak sehat?Setiap perubahan mendadak debit Anda mungkin menunjukkan infeksi vagina. Anda harus menyadari bagaimana debit Anda alami bervariasi sepanjang siklus Anda dan apa yang tidak normal, tetapi tanda-tanda peringatan yang jelas dari infeksi adalah:

    
perubahan warna atau konsistensi
    
bau yang mendadak
    
jumlah luar biasa besar dari debit
    
Gejala lain bersama debit, seperti gatal luar vagina atau nyeri pada panggul atau perut
    
perdarahan yang tak terduga dari vaginaJika Anda tidak yakin apakah debit Anda adalah normal dan khawatir tentang hal itu, melihat dokter atau perawat. Baca tentang kesehatan seksual untuk informasi umum dan saran.Penyebab umum dari debit normalAda banyak kemungkinan penyebab keputihan yang tidak normal, tetapi biasanya merupakan tanda infeksi. Infeksi ini sering disebabkan oleh sesuatu yang mengganggu keseimbangan alami dari bakteri atau jamur di vagina, seperti mencuci di dalam vagina, atau mungkin menular seksual.Penyebab paling umum adalah:

    
sariawan - infeksi jamur yang umum mempengaruhi vagina
    
bakteri vaginosis - infeksi bakteri vagina
    
trikomoniasis - infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh parasit kecil
    
gonore atau klamidia - IMS yang disebabkan oleh bakteri
    
herpes genital - IMS yang disebabkan oleh virus herpes simpleksPanduan di bawah ini dapat membantu Anda mengidentifikasi penyebab debit Anda. Namun, penting untuk melihat dokter untuk diagnosa yang tepat dan saran tentang cara untuk mengobati infeksi.Keputihan encer atau putih dengan rasa gatal yang intensJika debit Anda tipis dan berair, atau tebal dan putih (seperti keju cottage), Anda mungkin memiliki sariawan. Infeksi ini jamur yang umum menyebabkan gatal intens dan nyeri di sekitar vagina. Debit mungkin bau sedikit ragi, tetapi tidak memiliki bau yang kuat.Hampir semua wanita mendapatkan thrush dari waktu ke waktu dan itu tidak menular seksual. Ini dengan mudah diobati dengan obat antijamur, yang dapat dibeli di konter dari apoteker Anda.Putih atau abu-abu berbau amis dischargeJika keputihan Anda berwarna abu-abu atau mengembangkan bau amis yang kuat, terutama setelah hubungan seksual, Anda bisa memiliki vaginosis bakteri (BV). BV adalah ketidakseimbangan dalam bakteri yang normal ditemukan dalam vagina Anda. Ini biasanya tidak menyebabkan gatal-gatal atau iritasi.Seperti sariawan, BV adalah sangat umum dan tidak menular seksual. Ini dengan mudah diobati dengan antibiotik. Lihat GP Anda untuk resep.Hijau, kuning atau berbusa debitTrikomoniasis adalah IMS yang disebabkan oleh parasit kecil. Hal ini dapat membuat keputihan Anda berbusa, kuning atau hijau. Anda mungkin memiliki banyak debit, yang juga mungkin memiliki bau amis yang tidak menyenangkan. Gejala lain yang mungkin adalah rasa sakit, pembengkakan dan gatal di sekitar vagina, dan nyeri saat buang air kecil.Trikomoniasis mudah diobati dengan antibiotik metronidazole disebut, yang dokter akan meresepkan. Jika Anda memiliki trikomoniasis, mengunjungi GUM lokal atau klinik kesehatan seksual karena dapat eksis bersama IMS lain.Abnormal debit dengan nyeri atau perdarahanLihat dokter atau pergi ke obat genitourinari (GUM) klinik sesegera mungkin jika keputihan Anda tidak normal dan Anda memiliki:

    
nyeri di panggul
    
rasa sakit saat buang air kecil
    
perdarahan antara periode atau setelah berhubungan seksAnda mungkin memiliki klamidia atau gonore (baik IMS). Gonore dapat membuat debit Anda berubah menjadi hijau, meskipun sering sakit atau perdarahan yang lebih terlihat. Kedua kondisi diobati dengan antibiotik.Gonore tidak diobati atau klamidia dapat menyebar ke atas dan menyebabkan penyakit radang panggul, infeksi serius dari rahim, saluran tuba atau ovarium.Abnormal debit dengan lecet di sekitar alat kelaminHerpes genital dapat menyebabkan nyeri, lecet merah atau luka yang muncul di sekitar alat kelamin Anda, serta keputihan abnormal. Lihat dokter atau pergi ke obat (GUM) klinik genitourinary sesegera mungkin. Anda mungkin menawarkan kursus tablet antiviral, yang menghentikan mengalikan virus herpes, tetapi gejala mungkin memiliki kecenderungan untuk kembali.Gadis-gadis muda dan wanita pasca-menopauseIni tidak biasa bagi gadis-gadis muda untuk memiliki keputihan yang abnormal sebelum mereka sudah melalui masa pubertas. Jika ini terjadi, mereka harus melihat dokter umum. Penyebab umum adalah jenis vulvitis (peradangan daerah vulva), yang disebabkan oleh infeksi streptokokus.Abnormal debit juga tidak biasa pada wanita yang lebih tua. Jika Anda sudah melalui menopause dan tiba-tiba melihat sebuah keputihan abnormal, dokter Anda secepat mungkin. Kemungkinan penyebab antara lain:

    
infeksi menular seksual (IMS)
    
polip serviks - pertumbuhan non-kanker dalam rahim atau lapisan serviks (leher rahim)
    
alat kontrasepsi dalam rahim (IUD)Ini juga penting untuk menyingkirkan kanker serviks atau kanker endometrium. Untuk mencegah kanker serviks sangat di anjurkan oleh dokter dengan menggunakan crystal x asli.


Membersihkan vagina Vagina adalah self-cleansing, sehingga tidak perlu untuk mencuci di dalamnya (disebut douching). Douching dapat mengganggu keseimbangan alami dari bakteri dan jamur pada vagina dan menyebabkan sariawan atau vaginosis bakteri.Nyeri vagina dan keputihan abnormal juga dapat disebabkan oleh overusing sabun wangi, mandi gelembung dan shower gel. Jangan membersihkan vagina Anda dengan apa pun sangat wangi. Gunakan sabun lembut dan air hangat untuk mencuci lembut di sekitar alat kelamin Anda.



ref:
http://www.nhs.uk/Conditions/vaginal-discharge/Pages/Introduction.aspx
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar